Wednesday, February 6, 2013

honda cb150r streetfire vs yamaha new vixion lightning





Honda CB150R Streetfire & Yamaha New Vixion Lightning diluncurkan dalam waktu bersamaan. Banderolnya pun mepet beda tipis. Kehadiran duo motorsport 150 cc membuat peta persaingan makin ketat. Masing2 kubu menawarkan kelebihan masing2. Konsumen pun jadi bingung menentukan calon tunggangan, pilih yang ini ato yang itu. Langsung aja deh qta kupas satu per satu.
Desain

Tampang CB150R, menonjolkan sasis teralis, mereka menyebutnya diamond steel frame. Sedangkan New Vixion masih mengandalkan sasis andalan deltabox. Dua2nya menyuguhkan aura sporti. Untuk urusan kaki2 New Vixion lebih macho ketimbang CB150R. Begitu juga tangki bensinnya lebih cakep New Vixion ketimbang CB150R yang masih menganut model jadul. Namun untuk giliran lampu depan kali ini CB150R yang terlihat serasi, sedangkan New Vixion kurang sreg desainnya, masih bagusan Vixion generasi sebelumnya.
Fitur
Untuk keamanan baik si membakar jalanan maupun si sambaran petir sudah dilengkapi kunci kontak model magnet. Cukup membantu untuk menghambat aksi si maling. Fitur keamanan lainnya yaitu hadirnya bank angle sensor yang berfungsi untuk mematikan mesin ketika motor miring karena terjatuh.Kemudian dua2nya juga dibekali panel indikator perpaduan analog digital yang dilengkapi 2 mode tripmeter A&B. Petunjuk RPM pada CB150R berlatar warna putih sedangkan New Vixion hitam, lebih kerenan warna putih menurut saya. Begitu juga jam digital yang ada di panel indikator CB150R cukup membantu biker, gak perlu lagi ngelirik sambil tarik jaket untuk melihat waktu. Sayang saklar tembakhigh beam (lampu jauh) tidak hadir di CB150r 
Handling
Boleh dibilang posisi duduk keduanya mirip. Nyaman dipake buat harian. Diajak melahap tikungan ato meliuk2 di kepadatan lalu lintas dua2nya hampir sama. Namun buat yang doyan miring2 ala Casey Stoner lebih enak New Vixion, wajarlah tapak ban-nya lebih lebar. Suspensi depan masih mengandalkan teleskopik sedangkan belakang dua2nya sudah pake model pro link. Pengereman kepakemannya juga mantep.
Performa
Nah biasanya bagian ini nih yang ditunggu2 Mesin CB150R masih seduluran ama CBR150R yang dibekali DOHC, injeksi PGM-FI & 6 speed. Komposisi diameter x langkah = 63,5 x 47,2 mm, rasio kompresi 11:1 menghasilkan tenaga 17 PS @ 10.000 RPM & torsi 13,1 Nm @ 8.000 RPM. Tenaga CB150R memang turun ketimbang CBR150R yang mencapai 17,8 PS namun ingat torsinya jadi naik. Hal ini akibat penyesuaian ECU agar lebih CB150R lebih enak dipake harian. Karakter mesin CB150Roverbore dimana diameter piston lebih gede ketimbang langkah pistonLangkah piston pendek membuat CB150R baru terasa tarikannya di RPM menengah. Untuk RPM bawah biasa2 saja. Namun kalo sudah menyentuh RPM menengah ke atas baru tenaganya tereksplorasi dasyat…!!! Trus New Vixion masih mengandalkan basis mesin lawas berkonfigurasi SOHC, Fuel Injection & 5 speed. Namun ada beberapa penyesuaian seperti settingan ECU, box air filter yang lebih besar serta desain baruthrottle body. Diameter x langkah = 57 x 58,7 mm, rasio kompresi 10,4:1 menghasilkan tenaga 16,5 PS @ 8.500 RPM & torsi 14,5 Nm @ 7.500 RPM. Diameter piston hampir sama dengan langkah piston membuat si New Vixion tenaganya sudah nonjok sejak putaran bawah…!!! Namun begitu mencapai RPM menengah ke atas tarikannya tidak segalak mesin berkarakter overbore seperti yang dipunyai CB150R.
jadi mau pilih yang mana........?

No comments:

Post a Comment